Tips Menjaga Agar Sperma Sehat dan Berkualitas - Green de Nature - Green de Nature

Home Gatal/Eksim Wasir/Ambeien Kutil/Mata Ikan Sipilis/Gonore Tumor/Kanker Herpes Obat Herbal Info Kesehatan
SEMUA PENYAKIT ADA OBATNYA
 
deNature Indonesia - Pusat Penjualan Obat Herbal Terbesar di Indonesia
Melayani pengiriman ke seluruh Indonesia & luar negeri
 
Pemesanan obat hubungi
082266660226 (Call/SMS)
087719707073 (WhatsApp)
D3N47UR3 (PIN BBM)
   

Tips Menjaga Agar Sperma Sehat dan Berkualitas

Tips Menjaga Agar Sperma Sehat dan Berkualitas

Tips Menjaga Agar Sperma Sehat dan Berkualitas – Kualitas kesuburan seorang pria turut menentukan harapan dan peluang memiliki keturunan. Kesuburan seorang lelaki ditentukan oleh berbagai faktor, di antaranya adalah kualitas sperma.

Untuk memungkinkan terjadi pembuahan sempurna pada sel telur yang dimiliki perempuan, diperlukan dukungan status kesehatan sperma. Pasalnya, sekalipun dari pihak perempuan sudah memungkinkan untuk mendapatkan keturunan, bila status kesehatan sperma yang ada kurang mumpuni, maka proses pembuahan yang berlanjut kehamilan sulit bisa terjadi.

Tips Menjaga Agar Sperma Sehat dan BerkualitasMenurut pakar Andrologi dan Seksologi, Prof Dr Wimpie Pangkahila, SpAnd, FAAC, untuk dapat membuahi sel telur, diperlukan kualitas sperma yang baik. Jumlah yang cukup banyak bukan satu-satunya jaminan karena tak jarang sperma yang ada lemah, bahkan mandul.

Sperma yang normal, menurut Wimpie, secara kasat mata dapat dinilai dari beberapa hal. “Warna kelabu pucat, aroma khas (seperti bunga akasia), volume sekitar 2-4 ml. Ketika baru dikeluarkan tampak gumpalan, yang dalam waktu beberapa menit akan mencair,” ujarnya dalam sebuah jawaban konsultasi di kanal Kompas Health .

Namun untuk mengetahui kualitas dan kuantitasnya, apakah normal atau tidak, diperlukan pemeriksaan di bawah mikroskop. “Dari situ dapat disimpulkan, apakah kesuburan normal atau tidak normal,” tambahnya.

Untuk memperbaiki kualitas kesuburan, seorang pria biasanya dianjurkan minum obat tertentu atau menjalani terapi-terapi khusus yang disarankan dokter.

Namun jika Anda tengah menjalani program dan sedang mengalami kesulitan untuk mendapatkan momongan, Anda tidak sendiri. Sekitar satu dari tujuh pasangan memiliki masalah ini. Ketidaksuburan atau infertilitas sering dianggap sebagai masalah perempuan, padahal 1/3 dari kasus infertilitas disebabkan oleh masalah pada laki-laki, seperti jumlah sperma yang sedikit.

Nah, kalau sudah seperti ini, seberapa pentingkah status kesehatan sperma bagi Anda? Apa usia mempengaruhi kesehatan sperma? Bagaimana Tips Menjaga Agar Sperma Sehat dan Berkualitas?

Kuantitas
Jika pada satu kali ejakulasi terdapat lebih dari 15 juta sperma/ml, kemungkinan besar Anda subur

Kualitas
Sperma yang normal memiliki bentuk kepala yang bulat dan ekor yang panjang yang berfungsi untuk pergerakan. Semakin banyak sperma Anda yang memiliki bentuk dan struktur yang normal, semakin tinggi kemungkinan tingkat kesuburan Anda

Pergerakan
Anda termasuk seseorang yang subur jika lebih dari 40% sperma Anda bergerak.

Lakukan seks yang aman dan monogami
Penyakit menular seksual meningkat risiko ketidaksuburan paling tinggi baik pada pria maupun wanita. Oleh karena itu, selalu gunakan kondom dan jangan berganti-ganti pasangan

Diet yang sehat
Konsumsi banyak buah dan sayur yang tinggi akan antioksidan. Tambah asupan vitamin C Anda. Kekurangan vitamin C bisa menyebabkan sperma menggumpal, dan kasus ini mencapai 16 persen di antara semua pria yang mandul.

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa suplemen vitamin C setiap hari ternyata meningkatkan kesuburan di kalangan pria perokok. Vitamin C adalah antioksidan yang membuat membran-membran sel menjadi stabil dan ini bermanfaat baik bagi sperma. Buah-buahan seperti jeruk, mangga, semangka, strawberi dan sayuran seperti brokoli, tomat, dan kecambah adalah makanan yang kaya dengan vitamin C.

Hindari obesitas
Riset menunjukkan bahwa obesitas dapat mempengaruhi kesehatan sperma, baik jumlah maupun pergerakannya

Hindari stress
Stres dapat menurunkan fungsi seksual dan mengganggu kestabilan hormon yang diperlukan untuk produksi sperma. Walaupun dokter belum tahu mengapa stres yang berlebihan dapat mengurangi hitungan sperma, mempraktikkan teknik-teknik meredakan stres seperti biofeedback atau relaksasi otot progresif bisa ada gunanya.

Usahakan gairah Anda memuncak
Pria yang sangat terangsang ketika sedang bersanggama memancarkan semen lebih banyak dan menghasilkan sperma lebih kuat. Usahakan agar percumbuan atau foreplay Anda berlangsung sekurangnya 20 menit.

Temperatur yang tinggi
Peningkatan suhu pada skrotum dapat mengganggu aktivitas produksi sperma. Untuk menjaga kesuburan, hindari menggunakan celana yang terlalu ketat, meletakkan laptop tepat pada paha/selangkangan Anda, berendam di air panas dan sauna. Jika harus bersepeda, naik motor atau duduk terlalu lama, beristirahatlah sejenak.

Walaupun mungkin tidak seefektif yang diyakini oleh sebagian orang, mengganti celana dalam ketat dengan celana bokser atau celana kolor mungkin dapat menaikkan hitungan sperma Anda, pasalnya testis Anda akan lebih sejuk.

Turunkan suhu mandi sauna
Duduk di kamar mandi sauna atau bak air hangat, atau mandi air hangat biasa pada suhu lebih dari peratur tubuh untuk periode yang terlalu lama dapat menurunkan produksi sperma. Jangan menghabiskan waktu lebih dari 15 menit sehari di bak air hangat atau sauna, dan Uahakan agar suhunya tidak lebih dari 36,5 derajat celcius.

Rokok
Rokok dapat menurunkan jumlah sperma, pergerakkan sperma dan merusak bentuk sperma. Jika Anda merokok, peluang Anda untuk menjadi seorang ayah terbang bersama asap rokok.

Merokok tampaknya mempunyai kaitan dengan lamban dan rendahnya hitungan-sperma dan selain itu, penelitian menemukan bahwa keguguran meningkat 64 persen apabila kedua pasangan merokok atau bahkan meskipun hanya sang pria yang merokok. Batasi minum alkohol. Alkohol berlebihan dapat menurunkan hitungan sperma.

Alkohol & obat narkotika
Konsumsi alkohol dan narkotika dapat menurunkan kualitas dan jumlah sperma. Pemakaian mariyuana dan obat-obat terlarang lain selama jangka panjang berakibat menurunnya hitungan sperma dan tidak normalnya pola perkembangan sperma.

Pelumas saat berhubungan seksual
Pelumas, termasuk cairan ludah, jelly, lotion dan produk pelumas yang dijual bebas dapat menganggu pergerakan sperma. Jeli atau bahan pelumas lain mungkin hubungan intim lebih lancar, tetapi bahan ini dapat mengurangi kelincahan sperma, belum lagi kalau mengandung spermisida.

Jangan berolahraga berlebihan
Orang yang berolahraga secara berlebihan bisa mengurangi hitungan sperma mereka karena suhu yang meningkat di sekitar testis selama kegiatan yang sangat mengerahkan tenaga.

Dalam sebuah studi di AS, para peneliti menemukan bahwa para pelari yang berlatih lebih dari 90 kilometer per minggu mempunyai hitungan sperma lebih rendah dan sel-sel sperma kurang matang daripada pria berlari kurang dari 50 kilometer per minggu. Namun, latihan aerobik yang takarannya sedang seperti berjalan cepat atau berenang, tiga kali seminggu, masing-masing selama 20 menit, tidak akan mempengaruhi produksi sperma

Pergerakkan sperma dan jumlah sperma yang sehat mengalami penurunan setelah usia 50 tahun. Beberapa riset bahkan menunjukkan bahwa wanita yang hamil dengan pria usia lanjut memiliki risiko keguguran yang tinggi dan memiliki anak yang autis atau gangguan jiwa lebih tinggi. Suatu studi menyebutkan bahwa pria juga memiliki usia biologis, yaitu berkisar antara usia 40 tahun.

Sama halnya seperti wanita, pria juga mengalami perubahan pada tubuh dan sistem reproduksinya seiring dengan usia. Walaupun produksi sperma tidak berhenti, tetapi produksi dan struktur transport sperma dapat melemah seiring dengan waktu.

Pada pria usia tua, seiring dengan berkurangnya produksi sperma, risiko paparan seperti infeksi dan rokok juga meningkat. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan DNA pada sperma. Jika DNA sperma lebih dari 40% rusak, maka risiko keguguran juga meningkat.

Kenali dengan baik Tips Menjaga Agar Sperma Sehat dan Berkualitas di atas. Jika Anda dan pasangan belum memiliki keturunan setelah satu tahun berhubungan seksual tanpa kontrasepsi, berkonsultasilah dengan dokter dan mintalah untuk analisa sperma. Baca juga : Antibiotik Pengobatan Penyakit Sipilis di Apotik

Ads Single Sample

Related Posts:

Leave your comment here: