Penyebab Libido dan Gairah Seksual Wanita Menurun - Green de Nature - Green de Nature

Home Gatal/Eksim Wasir/Ambeien Kutil/Mata Ikan Sipilis/Gonore Tumor/Kanker Herpes Obat Herbal Info Kesehatan
SEMUA PENYAKIT ADA OBATNYA
 
deNature Indonesia - Pusat Penjualan Obat Herbal Terbesar di Indonesia
Melayani pengiriman ke seluruh Indonesia & luar negeri
 
Pemesanan obat hubungi
082266660226 (Call/SMS)
087719707073 (WhatsApp)
D3N47UR3 (PIN BBM)
   

Penyebab Libido dan Gairah Seksual Wanita Menurun

Penyebab Libido dan Gairah Seksual Wanita Menurun

Penyebab Libido dan Gairah Seksual Wanita Menurun – Seks merupakan kebutuhan untuk meningkatkan keharmonisan rumah tangga. Berhubungan seks dua sampai tiga kali seminggu dapat membantu menghilangkan stres dan membuatmu merasa bahagia. Tak hanya itu, menurut penelitian yang dilakuan Queens University di Balsfat, melakukan hubungan intim juga dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Penyebab Libido dan Gairah Seksual Wanita MenurunSetiap wanita dapat mengalami disfungsi seksual. Sekitar 40% wanita mengalami disfungsi seksual dan kejadian ini semakin meningkat seiring bertambahnya usia. Disfungsi seksual adalah adanya gangguan hasrat atau respon yang menetap saat melakukan hubungan seksual. Hal tersebut dapat mengganggu kualitas hubungan pasangan dan menyebabkan stres pada wanita.

Gangguan fisik dan psikologis sama-sama dapat menyebabkan disfungsi seksual. Beberapa kondisi medis seperti diabetes, penyakit jantung, saraf, menopause, gangguan ginjal dan hati dapat menyebabkan penurunan hasrat seksual. Penggunaan beberapa jenis obat-obatan tertentu seperti obat antidepresan merupakan salah satu penyebab disfungsi seksual.

Meskipun hasrat seksual wanita tidak sebesar pria, namun jika terjadi penurunan hasrat seksual pada wanita, tentunya bisa berpengaruh terhadap kebutuhan biologis pasangannya. Sejumlah penelitian medis telah menyimpulkan bahwa kehidupan seks dapat mengontrol stres, meningkatkan kesehatan fisik, mengurangi risiko penyakit mental dan meningkatkan hubungan dengan pasangan.

Namun, bagaimana bila hasrat seksualmu atau si dia menurun? Pastinya sangat membingungkan saat dia sedang tidak ‘mood’untuk bercinta denganmu. Menurunnya libido memang merupakan hal yang wajar. Stres dan kelelahan karena pekerjaan yang menumpuk dan tanpa akhirpun bisa menjadi penyebab menurunnya keinginan untuk berhubungan intim.

Pada dasarnya hal yang paling sering membuat gairah wanita menurun adalah stres, anak-anak, masalah asmara, pengobatan fisik atau juga ketidakmampuan fisik dan rasa sakit. Libido wanita ini sangat rawan. Sisi emosional, mental, fisik dan spiritual bisa menjadi penyebab utama mereka malas bercinta.

Banyak hal yang bisa mengendalikan hormon seks wanita. Beberapa diantaranya mudah diketahui tapi sebagian lagi sulit untuk didefinisikan. Akan sangat sulit menceritakan apa masalah sebenarnya yang tengah dihadapi oleh mereka. Berikut ini adalah Penyebab Libido dan Gairah Seksual Wanita Menurun :

  • Faktor Biologis

Dalam melakukan hubungan seksual tentunya dibutuhkan energi yang cukup dan keadaan tubuh yang bugar, faktor biologis seperti kelelahan dan kurang tidur bisa menjadi faktor yang memicu menurunnya hasrat seksual seorang wanita. Menurut beberapa penelitian, kelelahan menyebabkan penurunan kadar DHEA dan testosterone, dimana rendahnya kadar kedua hormon ini berkaitan dengan penurunan dorongan seksual.

Untuk mengatasinya jika Anda kurang tidur, luangkan waktu lebih banyak untuk beristirahat, jangan tidur terlalu malam, jika bisa luangkan waktu untuk berlibur bersama dengan pasangan Anda.

  • Gangguan rangsangan seksual

Biasanya disebabkan oleh faktor cemas atau kurangnya stimulasi rangsangan. Sulit terangsang saat hubungan seksual sering menjadi salah satu penyebab vagina kering (kurang pelumas) dan sulitnya penetrasi

  • Gangguan orgasme (anorgasmia)

Tidak dapat mencapai puncak kepuasaan seksual meskipun sudah diberikan rangsangan optimal dan menetap. Anorgasmia terjadi pada sekitar 10% wanita. Anorgasmia terbagi menjadi 2 yaitu; anorgasmia primer (tidak pernah orgasme sama sekali) dan anorgasmia sekunder ( pernah orgasme sebelumnya namun tiba-tiba tidak dapat orgasme karena satu dan lain hal). Dapat disebabkan oleh kurangnya pengetahuan, cemas, takut,trauma, kurangnya rangsangan seksual, penggunaan obat-obatan, dan penyakit kronis.

  • Nyeri saat berhubungan

Nyeri saat berhubungan (dyspareunia) dapat disebabkan oleh kondisi medis seperti endometriosis, infeksi pada vagina, infeksi menular seksual, kista ovarium, kurangnya pelumas, adanya jaringan parut pasca operasi ataupun kanker. Dispareunia terutama sering dikeluhkan pada wanita yang sudah menopause dimana kadar estrogen sudah menurun sehingga pelumas vagina berkurang.

Vaginismus merupakan istilah yang digunakan untuk menjelaskan keadaan kontraksi otot disekitar vagina dan biasanya menimbulkan nyeri hebat. Dapat disebabkan oleh adanya rasa takut nyeri pada wanita saat ertama kali berhubungan atau ada trauma seksual masa lampau.

Respon seksual meliputi interaksi secara fisiologis, emosi, pengalaman, kepercayaan, gaya hidup dan hubungan. Gangguan pada salah satu komponen tersebut dapat berpengaruh terhadap hasrat seksual, rangsangan atau kepuasan. Kabar baiknya adalah disfungsi seksual pada wanita dapat diatasi. Jika Anda mengalami salah satu gejala di atas, tak perlu khawatir Anda dapat berkonsultasi ke dokter dan mendapatkan konseling serta pengobatan yang optimal.

  • Faktor psikologis

Faktor psikologis yang menyebabkan menurunnya hasrat seksual wanita antara lain: stress, depresi, adanya perselisihan dengan pasangan. Pada saat stress tubuh memproduksi hormon kortisol sebagai penyeimbang, namun hormon kortisol ini menghambat produksi hormon testosterone, sehingga berdampak penurunan gairah seksual seseorang. Jika penyebab Penyebab Libido dan Gairah Seksual Wanita Menurun berkaitan dengan faktor psikologis, cobalah untuk berlibur untuk menenangkan.

  1. Depresi. Hilangnya kebahagiaan mengenai hal dalam hidup membuat seseorang kehilangan hasrat seksualnya. Kamu bisa mulai liburan untuk melupakan sejenak masalahmu atau memeriksakan diri ke dokter.
  2. Hilang/ berkurangnya hasrat seksual. Berkurangnya libido atau tidak ada hasrat sama sekali dapat disebabkan oleh diabetes, penggunaan obat-obat tertentu, perubahan hormonal, kehamilan, depresi , stress dan lelah. Bosan dengan aktivitas seks yang monoton serta faktor kerjaan dan anak dapat pula menjadi penyebabnya. Kurangnya kadar testosterone alami dalam tubuh dapat berpengaruh terhadap menurunnya hasrat seksual.

 

  • Kurang tidur

Tubuh kita membutuhkan istirahat untuk meningkatkan kinerja. Kurang tidur atau kurang tidur yang berkualitas bisa menjadi penyebab turunnya libidomu. Hal tersebut bisa menyebabkan tubuhmu lelah sepanjang hari sehingga tak memiliki gairah atau keinginan untuk berhubungan seks dengan pasanganmu.

  • Sedang Menyusui

Pada wanita yang sedang menyusui kadar prolaktin didalam tubuh tinggi. Prolaktin yang tinggi di dalam tubuh menurunkan dorongan seksual wanita.

  • Memakai alat kontrasepsi

Alat kontrasepsi yang mengandung hormon pada beberapa wanita memberikan efek menurunnya hasrat seksual. Beberapa wanita akan mengalami penurunan dorongan atau hasrat seksual akibat konsumi pil (atau jenis pengobatan hormonal lainnya untuk mengendalikan kehamilan seperti patch, ring, atau suntikan).

  • Perubahan Hormon Seksual
  1. Menopause. Pada saat menopause hormon estrogen dan testosterone juga mengalami penurunan drastis, sehingga terjadi penurunan gairah seksual, ditambah dengan gejala keringnya daerah vagina dikarenakan kurangnya pelumas vagina menambah turunnya hasrat seksual.
  2. Menurunnya kadar testosterone. Hormon testosterone seperti kita ketahui bahwa terdapat pada pria, namun wanita juga memiliki hormon tersebut untuk meningkatkan gairah seksual dan memberikan lubrikasi di daerah vagina.
  3. Tingginya Kadar SHBG (sex hormon binding globulin). Wanita yang memiilki SHBG dalam jumlah tinggi biasanya tidak bergairah untuk melakukan hubungan intim. SHBG merupakan protein yang mengikat testosterone. Inilah yang akan menurunkan libido wanita.

 

  • Hubungan dengan Pasangannya

Masalah berkepanjangan yang tak kunjung ditemukan penyelesaiannya bisa memberi pengaruh sangat besar terhadap Penyebab Libido dan Gairah Seksual Wanita Menurun. Masalah dalam rumah tangga, akan mengurangi keintiman pasangan secara emosional. Mereka jadi tak saling dekat, dekat di mata tapi jauh di hati dan itu bisa menyebabkan hilangnya gairah seks.

Kurangnya komunikasi antar pasangan juga bisa memperparah kondisi tersebut dan semakin mengurangi keinginan wanita untuk berhubungan seksual. Mereka tidak bisa berdiskusi apa yang diinginkan dan tidak saat bercinta, apa yang dibutuhkan dan bagaimana memenuhi kebutuhan pasangan. Kurangnya kepercayaan kepada pasangan pun jadi salah satu penyebab utama hilangnya gairah seks.

Bercinta membutuhkan dua orang yang bisa bekerja sama dengan baik di ranjang. Untuk itu, kamu juga harus mengetahui bagian mana yang disukai dan tidak disukai pasanganmu untuk disentuh. Selain itu, kamu juga harus menjalin komunikasi yang baik dengan si dia. Jika menghadapi suatu masalah, cepatlah diselesaikan agar masalahmu tak mempengaruhi hubungan di ranjang.

  1. Pertengkaran dengan pasangan. Setiap hubungan atau relasi tentu saja akan berhadapan dengan tantangan baik berupa konflik atau pun keinginan. Hal ini akan mempengaruhi hasrat bercinta seorang wanita.
  2. Kekhawatiran/kecemasan dalam keintiman. Ketidakmampuan untuk mengendalikan tingkat keintiman yang muncul dan dipelihara dalam sebuah hubungan adalah alasan yang sering timbul dari menurunnya dorongan seksual pasangan. Kecemasan biasanya timbul karena wanita pernah mendapat pengalaman buruh di masa lampau.
  3. Penampilan/ bentuk tubuh. Wanita yang melihat atau menganggap diri tidak menarik baik bagi pasangan ataupun dirinya sendiri bisa kehilangan confidence yang berujung pada menurunnya gairah.
  4. Tidak percaya diri. Hal ini sangat berbahaya! Memiliki selulit atau bagian tubuh yang besar bisa membuat wanita tidak percaya diri dengan bentuk tubuhnya. Akibatnya ia akan merasa malu untuk melakukan hubungan seksual. Ia merasa bahwa badannya tidak menarik sehingga tidak menikmati keintiman saat bercinta. Berhentilah untuk mendapatkan tubuh yang ideal, pasanganmu mencintaimu apa adanya!

 

Kemudian, apa yang dapat dilakukan jika kendala hormon menghambat aktivitas seksual? Berikut penjelasan pilihan solusi penanganan yang ada:

  1. Topical estrogen. Penurunan libido akibat keringnya vagina bisa diatasi dengan pemberian krim estrogen vagina. Krim ini akan membantu Anda meningkatkan pelumasan pada vagina dan meningkatkan gairah seksual pada wanita menopause. Terapi estrogen membantu meningkatkan hasrat seksual pada wanita dengan kadar estrogen yang rendah.
  2. Terapi testosteron. Penggunaan suplemen testosteron ini juga membantu meningkatkan hasrat seksual pada wanita dengan disfungsi seksual. Terapi ini bisa digunakan pada wanita post-menopause, yang memiliki masalah dengan gairah seksual dan kesulitan mendapatkan kepuasan seksual.

Baca juga : Obat Penyakit Sipilis Resep Dokter di Apotik

Ads Single Sample

Related Posts:

Leave your comment here:

Siap Kirim ke Seluruh Indonesia


Jakarta | Jember | Jepara | Jombang | Kajen | Karanganyar | Kebumen | Kediri | Kendal | Kepanjen | Klaten | Kraksaan | Kudus | Kuningan | Lamongan | Lumajang | Madiun | Magelang | Magetan | Majalengka | Sumatera | Aek Kanopan | Arga Makmur | Arosuka | Balige | Banda Aceh | Bandar Lampung | Bagansiapiapi | Baganbatu | Bandar Seri Bintan | Bangkinang | Bangko | Banyuasin | Batam | Baturaja | Batusangkar | Bengkalis | Bengkulu | Binjai | Bintuhan | Bireuen | Blambangan Umpu | Blangpidie | Blang Kejeren | Bukittinggi |Dumai | Gedong Tataan | Gunung Sitoli | Gunung Sugih | Gunung Tua | Idi Rayeuk | Indralaya | Jambi | Jantho | Kabanjahe | Kalianda | Karang Baru | Karang Tinggi | Kayu Agung | Kepahiang | Kisaran | Koba | Kota Agung | Kotabumi | Kota Pinang | Kuala Tungkal | Kutacane | Lahat | Lahomi | Langsa | Lhokseumawe | Lhoksukon | Limapuluh | Liwa | Lotu | Lubuk Basung | Lubuk Bendaharo | Lubuk Linggau | Lubuk Pakam | Lubuk Sikaping | Manggar | Manna | Martapura (Sumatera Selatan) | Medan | Menggala | Mentok | Metro | Meulaboh | Muara Bungo | Muara Dua | Muara Enim | Muara Sabak | Muara Tebo | uaro Sijunjung | Mukomuko | Padang | Padang Aro | Padang Panjang | Padang Sidempuan | Pagaralam | Painan | Palembang | Pandan | Pangkalan Kerinci | Pangkal Pinang | Panguruan | Panyabungan | Pariaman | Parit Malintang | Pasir Pengarayan | Payakumbuh | Pekanbaru | Pematang Siantar | Prabumulih | Pringsewu | Rantau Prapat | Raya | Rengat | Sabang | Sarolangun | Sawahlunto | Sei Rampah | Sekayu | Selat Panjang | Sengeti | Siak Sri Indrapura | Sibolga | | Sinabang | Singkil | Sipirok | Solok | Stabat | Subulussalam | Sukadana | Suka Makmue | Sungailiat | Sungai Penuh | Takengon | Tais | Tanjung Balai (Sumatera Utara) | Tanjung Balai Karimun (Kepulauan Riau) | Tanjung Enim | Tanjung Pandan | Tanjung Pinang | Tebing Tinggi (Sumatera Utara) | Tebing Tinggi (Sumatera Selatan) | Teluk Dalam | Teluk Kuantan | Tembilahan | Toboali | Tuapejat | Ujung Tanjung | Jawa | Ambarawa | Anyer | Bandung | Bangil | Banjar (Jawa Barat) | Banjarnegara | Bangkalan | Bantul | Banyumas | Banyuwangi | Batang | Batu | Bekasi | Blitar | Blora | Bogor | Bojonegoro | Bondowoso | Boyolali | Bumiayu | Brebes | Caruban | Cianjur | Ciamis | Cibinong | Cikampek | Cikarang | Cilacap | Cilegon | Cirebon | Demak | Depok | Garut | Gresik | Indramayu | Malang | Mojokerto | Mojosari | Mungkid | Ngamprah | Nganjuk | Ngawi | Pacitan | Pamekasan | Pandeglang | Pare | Pati | Pasuruan | Pekalongan | Pelabuhan Ratu | Pemalang | Ponorogo | Probolinggo | Purbalingga | Purwakarta | Purwodadi | Purwokerto | Purworejo | Rangkasbitung | Rembang | Salatiga | Sampang | Semarang | Serang | Sidayu | Sidoarjo | Singaparna | Situbondo | Slawi | Sleman | Soreang | Sragen | Subang | Sukabumi | Sukoharjo | Sumber | Sumedang | Sumenep | Surabaya | Surakarta | Tasikmalaya | Tangerang | Tangerang Selatan | Tegal | Temanggung | Tigaraksa | Trenggalek | Tuban | Tulungagung | Ungaran | Wates | Wlingi | Wonogiri | Wonosari | Wonosobo | Yogyakarta | Bali dan Nusa Tenggara | Atambua | Baa | Badung | Bajawa | Bangli | Bima | Denpasar | Dompu | Ende | Gianyar | Kalabahi | Karangasem | Kefamenanu | Klungkung | Kupang | Labuhan Bajo | Larantuka | Singaraja | Sumbawa Besar | Tabanan | Taliwang | Tambolaka | Tanjung (Nusa Tenggara Barat) | Negara,Bali | Kalimantan | Pontianak | Samarinda | Banjarmasin | Balikpapan | Singkawang | Palangkaraya | Ketapang | Sintang | Tarakan | Putussibau | Sambas | Sampit | Banjarbaru | Barabai | Batang Tarang | Batulicin | Bengkayang | Bontang | Kotabaru | Kuala Kapuas | Kuala Kurun | Kuala Pembuang | Malinau | Martapura | Muara Teweh | Nunukan | Pangkalan Bun | Paringin | Pelaihari | Penajam | Pulang Pisau | Rantau | Sangatta | Sebatik | Sekadau | Sendawar | Sukamara | Sungai Raya | Tamiang Layang | Tanah Grogot | Tanjung | Tanjung Selor | Tanjung Redeb | Tenggarong | Tideng Pale | Sulawesi | Airmadidi | Ampana | Amurang | Andolo | Banggai | Bantaeng | Barru | Bau-Bau | Benteng | Bitung | Bulukumba | Bungku | Buol | Buranga | Donggala | Enrekang | Gorontalo | Jeneponto | Kawangkoan | Kendari | Kolaka | Kotamobagu | Kota Raha | Kwandang | Lasusua | Luwuk | Majene | Makale | Makassar (Ujung Pandang) | Malili | amasa | Mamuju | Manado (Menado) | Marisa | Maros | Masamba | Melonguane | Ondong Siau | Palopo | Palu | Pangkajene | Pare-Pare | Parigi | Pasangkayu | Pinrang | Polewali | Poso | Rantepao | Ratahan | Rumbia | Sengkang | Sinjai | Sunggu Minasa | Suwawa | Tahuna | Takalar | Tilamuta | Toli Toli | Tomohon | Watampone | Watan Soppeng | Cliquers | Libuo Palma | Maluku dan Papua | Ambon | Biak | Halmahera Barat | Halmahera Selatan | Halmahera Tengah | Halmahera Timur | Halmahera Utara | Intan Jaya | Jayapura | Jayapura (kota) | Maluku Barat Daya | Maluku Tengah | Maluku Tenggara | Maluku Tenggara Barat | Mamberamo Raya | Mamberamo Tengah | Manokwari | Manokwari Selatan | Merauke | Mimika | Nabire | Puncak Jaya | Raja Ampat | Sorong | Sorong Selatan | Ternate | Aceh | Bali | Bangka Belitung | Banten | Jawa Barat | Jawa Tengah | Jawa Timur | Kalimantan Barat | Kalimantan Selatan | Kalimantan Tengah | Kalimantan Timur | Kalimantan Utara | Kepulauan Riau | Lampung | Maluku Utara | Maluku | Nusa Tenggara Barat | Nusa Tenggara Timur | Papua Barat | Papua | Riau | Sulawesi Selatan | Sulawesi Tengah | Sulawesi Tenggara | Sulawesi Utara | Sumatera Barat | Sumatera Selatan | Sumatera Utara | Pangkalpinang | Jakarta Barat | Jakarta Pusat | Jakarta Selatan | Jakarta Timur | Jakarta Utara | Cimahi | Banjar | Tanjungpinang | Tidore Kepulauan | Makassar | Parepare | Manado | Padangpanjang | Lubuklinggau | Pematangsiantar | Tebingtinggi | Tanjungbalai |

De Nature Indonesia - Green de Nature