Obat Gatal Alergi Dingin Biduran di Apotik - Green de Nature - Green de Nature

Home Gatal/Eksim Wasir/Ambeien Kutil/Mata Ikan Sipilis/Gonore Tumor/Kanker Herpes Obat Herbal Info Kesehatan
SEMUA PENYAKIT ADA OBATNYA
 
deNature Indonesia - Pusat Penjualan Obat Herbal Terbesar di Indonesia
Melayani pengiriman ke seluruh Indonesia & luar negeri
 
Pemesanan obat hubungi
082266660226 (Call/SMS)
087719707073 (WhatsApp)
D3N47UR3 (PIN BBM)
   

Obat Gatal Alergi Dingin Biduran di Apotik

Obat Gatal Alergi Dingin Biduran di Apotik

Obat Gatal Alergi Dingin Biduran di Apotik – Sobat sekalian, bila alergi dingin dan mengalami biduran, segera atasi dengan minum obat antibiotik seperti penicillin, sulfa dan tetrasiklin, obat penghilang rasa sakit, obat antihestamin, serta aspirin. Bila alergi dingin terjadi, dan menimbulkan penyekit tertentu seperti biduran, jangan tunggu lama. Di samping obat generik yang dijual di apotik, sobat juga bisa memanfaatkan obat alami tradisonal yang tumbuh di sekitar rumah.

Obat Gatal Alergi Dingin Biduran di ApotikUmumnya hanya dengan meneliti kulit lebih seksama akan bisa memberi tahu Anda tentang apa akar masalahnya — entah itu bentol gigitan nyamuk atau ruam merah khas reaksi alergi. Meski demikian, memeriksa kulit dengan mata telanjang tak selalu dapat membantu menentukan penyebab kulit gatal Anda. Gatal juga bisa terjadi tanpa benjolan, lepuh, ruam, bintil, atau kelainan kulit lain.

Ada banyak penyebab gatal di selangkangan yakni bisa karena infeksi, iritasi kimia, alergi, dll. Meskipun mungkin itu bukan kondisi yang serius, namun pasti sangat menjengkelkan dan bahkan mungkin bikin malu. Oleh karena itu penting juga mengetahui Obat Gatal Alergi Dingin Biduran di Apotik.

Setiap orang yang mengalami gatal pasti merasa tidak nyaman, mengganggu aktifitas sehari-hari bahkan tidak bisa tidur karena gatal. Oleh karena itu banyak yang mencari tahu cara menghilangkan gatal dan membutuhkan Obat Gatal Alergi Dingin Biduran di Apotik.

Alergi dingin atau dalam istilah medis disebut urtikaria dingin adalah reaksi kulit terhadap dingin yang menyebabkan munculnya bilur yang terasa gatal dan kulit menjadi berwarna kemerahan.

Tingkat keparahan gejala alergi dingin yang muncul pada masing-masing orang berbeda-beda. Sebagian orang bisa sampai kehilangan kesadaran, mengalami tekanan darah yang sangat rendah, dan bahkan yang terparah bisa menyebabkan kematian.

Usia remaja adalah usia yang paling sering terkena alergi dingin, namun biasanya akan menghilang sepenuhnya dalam waktu beberapa tahun.

 

Gejala Alergi Dingin (Urtikaria Dingin)

Biasanya gejala alergi dingin muncul saat kulit terpapar air dingin atau cuaca dingin (di bawah 4 derajat Celsius). Alergi dingin juga lebih berisiko muncul dalam kondisi yang berangin dan lembap. Berikut ini adalah beberapa gejala alergi dingin yang dapat terjadi.

  1. Tangan terasa bengkak saat memegang benda dingin.
  2. Muncul bilur yang terasa gatal pada area kulit yang terpapar udara dingin.
  3. Bibir dan tenggorokan terasa bengkak saat mengonsumsi makanan atau minuman dingin.
  4. Kulit berwarna kemerahan.

Reaksi alergi biasanya paling parah pada saat seluruh tubuh terpapar oleh suhu dingin, seperti pada saat berenang di air dingin. Reaksi yang ditimbulkan dapat berpotensi membahayakan nyawa, seperti pembengkakan pada tenggorokan dan lidah sehingga sulit bernapas, tekanan darah menurun drastis, jantung berdebar, pingsan, serta membengkaknya lengan dan kaki.

Pada umumnya, alergi dingin akan menghilang dengan sendirinya setelah beberapa pekan atau bulan, namun ada juga yang bertahan lebih lama. Jika tenggorokan atau lidah terasa bengkak, merasa pusing, dan sulit bernapas, segera temui dokter.

 

Penyebab Alergi Dingin (Urtikaria Dingin)

Reaksi alergi dingin terjadi saat pelepasan histamin dan zat kimia lain ke dalam aliran darah yang dipicu oleh cuaca dingin. Beberapa hal diduga menjadi penyebab alergi dingin, termasuk faktor genetika memiliki sel kulit yang terlalu sensitif, virus atau penyakit tertentu. Namun penyebab pasti kenapa tubuh bereaksi demikian terhadap dingin belum diketahui.

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena alergi dingin, yaitu:

  • Anak-anak dan remaja. Usia ini paling sering terkena alergi dingin dan biasanya membaik dengan sendirinya dalam beberapa tahun.
  • Penyakit dasar tertentu. Ada beberapa gangguan kesehatan atau penyakit, seperti kanker atau hepatitis yang meningkatkan risiko terkena alergi dingin.
  • Infeksi. Mereka yang baru-baru saja terkena infeksi seperti pneumonia atau radang paru-paru lebih berisiko mengalami alergi dingin.
  • Genetika. Ada anak yang mewarisi penyakit ini dari orang tuanya, namun hal ini sangat jarang terjadi.

 

Perawatan Alergi Dingin (Urtikaria Dingin)

Tidak ada obat yang dapat menyembuhkan alergi dingin. Pengobatan diberikan untuk mengurangi gejala penyakit ini dan mencegah agar gejala tidak sering muncul di kemudian hari. Pengobatan yang biasanya diberikan oleh dokter adalah dengan obat golongan antihistamin. Namun, penggunaan antihistamin dengan dosis biasa diketahui tidak efektif, sehingga yang lebih membantu adalah obat antihistamin non-sedatif dengan dosis tinggi.

Obat-obat yang biasa diberikan adalah:

  • Omalizumab. Obat ini biasanya digunakan untuk mengobati asma, namun dapat juga menyembuhkan beberapa penderita urtikaria dingin.
  • Antihistamin (misalnya fexofenadine dan desloratadine). Obat ini menghambat zat histamin dalam tubuh yang menghasilkan gejala alergi.
  • Cyproheptadine, obat anthistamin yang bekerja dengan cara menghambat reaksi saraf yang menjurus pada gejala alergi dingin.
  • Doxepin. Obat ini biasanya digunakan untuk mengatasi kecemasan dan depresi dan diketahui dapat meredakan gejala alergi dingin.

 

Pencegahan Alergi Dingin (Urtikaria Dingin)

Pencegahan alergi dingin dapat dilakukan dengan beberapa hal seperti di bawah ini.

  1. Hindari mengonsumsi makanan dan minuman dingin untuk mencegah membengkaknya tenggorokan.
  2. Konsumsi obat seperti yang telah diresepkan oleh dokter.
  3. Beri tahu dokter atau petugas medis jika Anda akan menjalani operasi untuk mencegah timbulnya gejala alergi dingin di ruang operasi.
  4. Sebelum terpapar cuaca dingin, disarankan untuk mengonsumsi antihistamin.
  5. Lindungi kulit dari suhu yang menurun drastis atau cuaca dingin.
  6. Bawalah suntikan adrenalin ke mana saja Anda pergi untuk mengantisipasi jika reaksi anafilaksis terjadi.

 

Setelah di atas tadi saya utarakan beberapa penyebab dari munculnya penyakit alergi dingin atau Urtikaria dingin, kali ini saya akan memberitahukan beberapa cara untuk mengatasi alergi dingin yang bisa saja sewaktu-waktu menyerang anda. Meskipun pada dasarnya belum ada obat untuk penyakit alergi dingin ini, akan tetapi ada beberapa cara untuk menanggulanginya ketika anda terserang alergi terhadap suhu yang dingin.

Sebagian besar kasus urtikaria ternyata tidak memerlukan pengobatan karena gejala yang timbul biasanya ringan dan sering membaik dengan sendirinya dalam beberapa hari. Akan tetapi jika Anda tidak mau menunggu lebih lama atau ingin biduran cepet sembuh maka inilah cara mengobati biduran yang Anda butuhkan.

  • Mengobati Urtikaria Akut

Solusi pertama karena bekerja cepat meredakan gatal dan kemerahan adalah dengan cara minum obat biduran, antara lain:

Antihistamin
Antihistamin ini akan memblokir efek histamin yang menimbulkan biduran, sehingga membantu menghilangkan rasa gatal dan mengurangi ruam atau kemerahan. Contoh obat antihistamin antara lain:

  1. cetirizine
  2. fexofenadine
  3. loratadine
  4. CTM
  5. Iterhistin

Baca terlebih dahulu dosis, kontraindikasi dan efek sampingnya karena sebagian antihistamin dapat menyebabkan efek ngantuk.

Kortikosteroid
Obat ini akan diresepkan oleh dokter untuk pemakain yang singkat dengan dosis tinggi contohnya prednison, metil prednisolon, dan dexametason. Kortikosteroid ini dapat mengatasi biduran dengan cara menekan sistem kekebalan tubuh, sehingga gejala urtikaria akan menjadi ringan.

Penggunaan kortikosteroid biasanya hanya 3 – 5 hari. Penggunaan jangka panjang tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan berbagai efek samping dan komplikasi, seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), glaukoma, katarak dan diabetes (atau dapat membuat diabetes menjadi buruk).

  • Mengobati Urtikaria Kronik

Cara mengobati biduran yang berkepanjangan (kronis) atau sering hilang timbul akan lebih kompleks, karena selain mengobati biduran yang masih berlangsung harus berusaha juga menghindari pemicu yang membuat biduran menjadi lebih buruk atau kambuh lagi.

Jika Anda memiliki urtikaria kronis dan angioedema (pembengkakan lapisan kulit yang lebih dalam), Anda mungkin akan dirujuk ke dokter kulit (spesialis kulit). Karena angioedema berpotensi lebih serius dan dapat menyebabkan sesak napas akibat pembengkakan saluran nafas.

Antihistamin
Urtikaria kronis juga diobati dengan antihistamin. Mungkin obat ini harus selalu Anda sediakan selama gejala berlangsung. Peningkatan dosis mungkin dianjurkan jika biduran tak kunjung membaik. Namun, hal ini hanya boleh dilakukan atas instruksi dari dokter yang bertanggung jawab atas perawatan Anda.

Jenis antihistamin yang lebih baru yang disebut antihistamin rupatadine telah terbukti efektif dalam mengobati kasus biduran yang lebih parah yang tidak mempan terhadap antihistamin lainnya.

Menthol cream
Menthol cream dapat digunakan sebagai alternatif atau di samping antihistamin karena membantu meringankan rasa gatal.

Tablet kortikosteroid
Terkadang, urtikaria yang lebih serius dapat diobati dengan dosis singkat tablet kortikosteroid, seperti prednisolon. Kemungkinan efek samping yang ditimbulkan oleh kortikosteroid meliputi peningkatan nafsu makan dan berat badan, perubahan suasana hati dan sulit tidur (insomnia). Tapi ingat! Penggunaan kortikosteroid jangka panjang pada urtikaria kronik tidak dianjurkan karena efek sampingnya yang berbahaya.

Antagonis reseptor leukotrien
Antagonis reseptor leukotrien adalah jenis obat yang dapat membantu mengurangi kemerahan dan pembengkakan akibat biduran. Obat biduran ini bisa menjadi alternatif pengobatan jangka panjang sebagai pengganti tablet kortikosteroid karena obat ini tidak memiliki risiko efek samping seperti steroid. Obat ini jarang menimbulkan efek samping dan relatif ringan, seperti sakit kepala dan mual.

Siklosporin
Dalam sekitar dua-pertiga kasus, obat yang disebut siklosporin telah terbukti efektif dalam mengobati biduran. Siklosporin bekerja dengan cara yang mirip dengan kortikosteroid, yakni menekan efek sistem kekebalan tubuh yang membahayakan.

Efek samping dari siklosporin meliputi:

  1. Tekanan darah tinggi (hipertensi)
  2. Masalah ginjal
  3. Peningkatan kadar kolesterol darah
  4. Sakit kepala
  5. Gemetar involunter ( tremor )

Karena banyaknya efek samping obat siklosporin, maka Anda harus mendiskusikannya secara menyeluruh dengan dokter sebelum mulai menggunakannya.

Omaluzimab
Untuk biduran yang tidak mempan terhadap antihistamin, ada obat baru yang lebih ampuh, yaitu omalizumab. Omalizumab diberikan melalui suntikan dan diperkirakan dapat mengurangi antibodi yang terkait dengan urtikaria.

 

Memang dalam setiap penyakit, penanganan yang tepat dibutuhkan. Berikut adalah beberapa Obat Gatal Alergi Dingin Biduran Alami;

1. Daun Sirih
Daun sirih merupakan salah satu daun yang memiliki banyak manfaat termasuk untuk mengatasi biduran pada kulit. Untuk membantu menyembuhkan biduran dengan daun sirih caranya cukup sederhana, pertama sediakan daun sirih beberapa lembar atau secukupnya. Lalu rebuslah menggunakan air hingga mendidih. Kemudian saring air rebusan tersebut dan minumlah ramuan tersebut untuk membantu mengobati biduran dari dalam.

2. Air Kelapa Hijau
Air kelapa memiliki banyak khasiat. Salah satunya yaitu untuk membantu menetralisir racun yang ada pada tubuh kita. Sehingga air kelapa bisa kita manfaatkan untuk membantu menyembuhkan biduran pada kulit. Anda bisa mengonsumsi air kelapa hijau yang masih segar.

3. Kompres Dingin
Cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk membantu mengatasi biduran adalah dengan mengkompres dengan air dingin. Mengkompres dengan air dingin bertujuan untuk mengurangi rasa gatal akibat biduran.

Cara cukup mudah, anda bisa menyediakan waslap kemudian dibasahi dengan menggunakan air dingin atau air es. Lalu tempelkan waslap tersebut pada permukaan kulit yang terkena biduran.

4. Leunca
Tanaman leunca juga bisa anda manfaatkan sebagai obat herbal untuk mengatasi biduran pada kulit. Anda bisa menyediakan tanaman leunca yang sudah dibersihkan dari akarnya. Lalu tumbuklah tanaman leunca tersebut. Kemudian balurkan tumbukan leunca yang sudah halus pada permukaan kulit yang terkena biduran secara teratur sebanyak 2 kali dalam sehari.

5. Temulawak dan Buah Asem
Anda juga bisa memanfaatkan tanaman herbal temulawak dengan buah asem sebagai obat tradisional untuk menghilangkan biduran. Caranya anda bisa menyiapkan kurang lebih 15 gram temulawak dan buah asam secukupnya serta gula aren sebagai tambahan. Rebuslah semua bahan yang telah disediakan tersebut dengan dua gelas air putih. Rebus hingga air berkurang menjadi setengah. setelah itu, tunggu hingga air rebusan tersebut menjadi hangat dan kemudian saring. Lalu minumlah ramuan tersebut.

6. Minyak Kayu Putih dan Minyak Zaitun
Untuk membantu menyebuhkan biduran pada kulit, anda bisa memanfaatkan minyak seperti minyak kayu putih dan minyak zaitun sebagai obat luar atau obat oles. Anda bisa menyediakan satu sendok makan minyak zaitun dan minyak kayu putih lalu campurkan kedua minyak tersebut hingga tercampur merata. Lalu gunakan campuran kedua minyak tersebut dengan mengoleskannya pada permukaan kulit yang terkena biduran.

7. Bawang Merah dan Daun Kelor
Anda bisa memanfaatkan daun kelor dan bawang merah sebagai bahan alternatif untuk membantu menghilangkan biduran. Caranya anda siapkan tiga lembar daun kelor dan satu siung bawang merah. Dan sebagai tambahan juga sediakan pulosari sebanyak dua gram. Rebuslah semua bahan-bahan yang telah disebutkan tersebut dengan tiga gelas air putih. Rebus hingga mendidih dan hanya menyisakan dua gelas air rebusan. Setelah itu saring ramuan tersebut dan minumalah 1 sampai 2 kali dalam sehari.

8. Daun Jombang
Daun jombang juga bisa anda manfaatkan sebagai obat akternatif untuk membantu mengobati biduran. Caranya anda siapkan 30 gram daun jombang kemudian rebuslah dengan menggunakan 400 cc air. Rebuslah hingga air rebusan hanya tersisa setengahnya. Tunggu hingga air rebusan hangat lalu minum ramuan tersebut.

9. Kunyit dan Sambiloto
Bahan alami selanjutnya yang bisa anda manfaatkan untuk membantu menghilangkan biduran adalah kunyit dan sambiloto. Caranya sediakan 20 gram kunyit dan 10 gram sambiloto. Untuk lebih ampuh, Anda juga bisa menambahkan bahan lainnya seperti tiga siung bawang merah, satu sendok adas, dan 30 gram daun kelor. Bersihkan semua bahan tersebut dengan mencucinya dengan air bersih, lalu tumbuklah semua bahan yang telah disiapkan tadi hingga halus. Lalu rebuslah dengan menggunakan 600 cc air hingga mendidih. Rebus hingga hanya tersisa sepertiga air rebusan. Saring rebusa tersebut dan tunggu hingga hangat atau dingin setelah itu minumlah ramuan tersebut 2 hingga 3 kali dalam sehari.

10. Jahe dan Cuka Beras hitam
Anda juga bisa memanfaatkan jahe dan cuka beras hitam sebagai obat alternatif penyakit biduran. Caranya sediakan 100 cc cuka beras hitam dan 30 gram jahe. Anda juga bisa menambahkan gula merah sebagai tambahan. Tumbuklah jahe terlebih dahulu dan kemudian rebuslah semua bahan yang telah disiapkan hingga mendidih. Setelah itu tunggu hingga hangat atau dingin. Setelah hangat minumlah ramuan tersebut sebanyak 1 sampai 2 kali dalam sehari.

Itulah cara menyembuhkan gatal alergi dingin dengan menggunakan bahan herbal alami, namun apabila gatal yang anda alami tidak kunjung sembuh, dianjurkan bagi anda untuk menghubungi kami. Bagi yang sedang mengalami rasa gatal karena alergi, jangan khawatir karena anda bisa mendapatkan Obat Gatal Alergi Dingin Biduran di Apotik kepada kami.

 

LAYANAN KONSULTASI

082266660226 (Call/SMS)
087719707073 (WhatsApp)

 

Kini telah hadir Obat Gatal Alergi Dingin Biduran di Apotik yang terbukti dapat mengatasi dan mengobati berbagai gangguan kulit seperti gatal-gatal pada ibu hamil. Paket gatal De Nature merupakan produk pengobatan yang terbuat dari 100% bahan alami, sehingga aman dikonsumsi anak-anak, dewasa hingga ibu hamil dan ibu menyusui.

SEMBUHKAN PENYAKIT ANDA DENGAN OBAT HERBAL KAMI !!!
DE NATURE INDONESIA, MENGATASI GATAL TANPA MASALAH

Obat Gatal Alergi Dingin Biduran Tradisional
Obat Gatal Alergi Dingin Biduran di Apotik

Hanya Rp 295.000,-
Insya Allah Masalah Teratasi..!

Khasiat: Obat Gatal Alergi Dingin Biduran Herbal De Nature Indonesia

Mengobati gatal-gatal pada kulit, eksim, bisul, kudis, kurap, gatal akibat alergi dan jamur pada kulit dan gatal jenis lainya.

Untuk kapsul bersih darah, fungsinya untuk membersihkan darah kotor dari dalam sehingga kuman atau bakteri yang di sebabkan oleh eksim, kurap, maupun penyakit kulit yang lain bisa terbuang atau dibersihkan dari dalam tubuh kita. Dan untuk salepnya adalah obat luar yang berfunsi untuk menyembuhkan atau mengeringkan penyakit kulit yang anda alami. Dengan perpaudan pengobatan dari luar dan dalam, Insya Allah penyakit anda akan sembuh secara maksimal.

 

Apakah belanja online itu aman? Jangan Khawatir!! Berikut adalah bukti bahwa perusahaan kami serius dan paketan barang kami sampai ke alamat konsumen:

Obat Gatal Alergi Dingin Biduran di Apotik
Obat Gatal Alergi Dingin Biduran di Apotik
Obat Gatal Alergi Dingin Biduran di Apotik Obat Gatal Alergi Dingin Biduran di Apotik

 

SEPARAH APAPUN PENYAKIT GATAL YANG ANDA DERITA DAPAT DISEMBUHKAN JIKA ANDA MAU BERUSAHA MENGOBATINYA !!!

Costemer Servis De Nature Indonesia

Melayani sepenuh Hati

Obat Gatal Alergi Dingin Biduran di Apotik

 

Demikianlah artikel tentang Obat Gatal Alergi Dingin Biduran di Apotik sebagai referensi pengobatan untuk anda. Kami merupakan website resmi deNature Indonesia yang memberikan solusi untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit secara herbal, aman, dan tanpa efek samping. Semoga info obat gatal, dapat bermanfaat bagi anda semua.

Informasi lain terkait tentang nama obat biduran, obat kaligata yang ada di apotik, obat biduran untuk dewasa, merk obat biduran, salep biduran, obat oles untuk biduran, obat biduran paling ampuh di apotik, obat biduran pada anak, yang dapat dibaca anda. Terima kasih. SALAM SEHAT INDONESIA

 

SEGERA Hubungi Kami
Obat Gatal Alergi Dingin Biduran di Apotik untuk Anda
082266660226 (Call/SMS)
087719707073 (WhatsApp)
Ads Single Sample
Obat Gatal Alergi Dingin Biduran di Apotik
Artikel "Obat Gatal Alergi Dingin Biduran di Apotik" ditulis oleh admin update terakhir pada 25th Agustus 2017 Categories: Obat Gatal/Eksim Tags: , , , , , , , , , permalinks http://greendenature.com/obat-gatal-alergi-dingin-biduran-di-apotik.html di Green de Nature

Related Posts:

Leave your comment here:

Siap Kirim ke Seluruh Indonesia


Jakarta | Jember | Jepara | Jombang | Kajen | Karanganyar | Kebumen | Kediri | Kendal | Kepanjen | Klaten | Kraksaan | Kudus | Kuningan | Lamongan | Lumajang | Madiun | Magelang | Magetan | Majalengka | Sumatera | Aek Kanopan | Arga Makmur | Arosuka | Balige | Banda Aceh | Bandar Lampung | Bagansiapiapi | Baganbatu | Bandar Seri Bintan | Bangkinang | Bangko | Banyuasin | Batam | Baturaja | Batusangkar | Bengkalis | Bengkulu | Binjai | Bintuhan | Bireuen | Blambangan Umpu | Blangpidie | Blang Kejeren | Bukittinggi |Dumai | Gedong Tataan | Gunung Sitoli | Gunung Sugih | Gunung Tua | Idi Rayeuk | Indralaya | Jambi | Jantho | Kabanjahe | Kalianda | Karang Baru | Karang Tinggi | Kayu Agung | Kepahiang | Kisaran | Koba | Kota Agung | Kotabumi | Kota Pinang | Kuala Tungkal | Kutacane | Lahat | Lahomi | Langsa | Lhokseumawe | Lhoksukon | Limapuluh | Liwa | Lotu | Lubuk Basung | Lubuk Bendaharo | Lubuk Linggau | Lubuk Pakam | Lubuk Sikaping | Manggar | Manna | Martapura (Sumatera Selatan) | Medan | Menggala | Mentok | Metro | Meulaboh | Muara Bungo | Muara Dua | Muara Enim | Muara Sabak | Muara Tebo | uaro Sijunjung | Mukomuko | Padang | Padang Aro | Padang Panjang | Padang Sidempuan | Pagaralam | Painan | Palembang | Pandan | Pangkalan Kerinci | Pangkal Pinang | Panguruan | Panyabungan | Pariaman | Parit Malintang | Pasir Pengarayan | Payakumbuh | Pekanbaru | Pematang Siantar | Prabumulih | Pringsewu | Rantau Prapat | Raya | Rengat | Sabang | Sarolangun | Sawahlunto | Sei Rampah | Sekayu | Selat Panjang | Sengeti | Siak Sri Indrapura | Sibolga | | Sinabang | Singkil | Sipirok | Solok | Stabat | Subulussalam | Sukadana | Suka Makmue | Sungailiat | Sungai Penuh | Takengon | Tais | Tanjung Balai (Sumatera Utara) | Tanjung Balai Karimun (Kepulauan Riau) | Tanjung Enim | Tanjung Pandan | Tanjung Pinang | Tebing Tinggi (Sumatera Utara) | Tebing Tinggi (Sumatera Selatan) | Teluk Dalam | Teluk Kuantan | Tembilahan | Toboali | Tuapejat | Ujung Tanjung | Jawa | Ambarawa | Anyer | Bandung | Bangil | Banjar (Jawa Barat) | Banjarnegara | Bangkalan | Bantul | Banyumas | Banyuwangi | Batang | Batu | Bekasi | Blitar | Blora | Bogor | Bojonegoro | Bondowoso | Boyolali | Bumiayu | Brebes | Caruban | Cianjur | Ciamis | Cibinong | Cikampek | Cikarang | Cilacap | Cilegon | Cirebon | Demak | Depok | Garut | Gresik | Indramayu | Malang | Mojokerto | Mojosari | Mungkid | Ngamprah | Nganjuk | Ngawi | Pacitan | Pamekasan | Pandeglang | Pare | Pati | Pasuruan | Pekalongan | Pelabuhan Ratu | Pemalang | Ponorogo | Probolinggo | Purbalingga | Purwakarta | Purwodadi | Purwokerto | Purworejo | Rangkasbitung | Rembang | Salatiga | Sampang | Semarang | Serang | Sidayu | Sidoarjo | Singaparna | Situbondo | Slawi | Sleman | Soreang | Sragen | Subang | Sukabumi | Sukoharjo | Sumber | Sumedang | Sumenep | Surabaya | Surakarta | Tasikmalaya | Tangerang | Tangerang Selatan | Tegal | Temanggung | Tigaraksa | Trenggalek | Tuban | Tulungagung | Ungaran | Wates | Wlingi | Wonogiri | Wonosari | Wonosobo | Yogyakarta | Bali dan Nusa Tenggara | Atambua | Baa | Badung | Bajawa | Bangli | Bima | Denpasar | Dompu | Ende | Gianyar | Kalabahi | Karangasem | Kefamenanu | Klungkung | Kupang | Labuhan Bajo | Larantuka | Singaraja | Sumbawa Besar | Tabanan | Taliwang | Tambolaka | Tanjung (Nusa Tenggara Barat) | Negara,Bali | Kalimantan | Pontianak | Samarinda | Banjarmasin | Balikpapan | Singkawang | Palangkaraya | Ketapang | Sintang | Tarakan | Putussibau | Sambas | Sampit | Banjarbaru | Barabai | Batang Tarang | Batulicin | Bengkayang | Bontang | Kotabaru | Kuala Kapuas | Kuala Kurun | Kuala Pembuang | Malinau | Martapura | Muara Teweh | Nunukan | Pangkalan Bun | Paringin | Pelaihari | Penajam | Pulang Pisau | Rantau | Sangatta | Sebatik | Sekadau | Sendawar | Sukamara | Sungai Raya | Tamiang Layang | Tanah Grogot | Tanjung | Tanjung Selor | Tanjung Redeb | Tenggarong | Tideng Pale | Sulawesi | Airmadidi | Ampana | Amurang | Andolo | Banggai | Bantaeng | Barru | Bau-Bau | Benteng | Bitung | Bulukumba | Bungku | Buol | Buranga | Donggala | Enrekang | Gorontalo | Jeneponto | Kawangkoan | Kendari | Kolaka | Kotamobagu | Kota Raha | Kwandang | Lasusua | Luwuk | Majene | Makale | Makassar (Ujung Pandang) | Malili | amasa | Mamuju | Manado (Menado) | Marisa | Maros | Masamba | Melonguane | Ondong Siau | Palopo | Palu | Pangkajene | Pare-Pare | Parigi | Pasangkayu | Pinrang | Polewali | Poso | Rantepao | Ratahan | Rumbia | Sengkang | Sinjai | Sunggu Minasa | Suwawa | Tahuna | Takalar | Tilamuta | Toli Toli | Tomohon | Watampone | Watan Soppeng | Cliquers | Libuo Palma | Maluku dan Papua | Ambon | Biak | Halmahera Barat | Halmahera Selatan | Halmahera Tengah | Halmahera Timur | Halmahera Utara | Intan Jaya | Jayapura | Jayapura (kota) | Maluku Barat Daya | Maluku Tengah | Maluku Tenggara | Maluku Tenggara Barat | Mamberamo Raya | Mamberamo Tengah | Manokwari | Manokwari Selatan | Merauke | Mimika | Nabire | Puncak Jaya | Raja Ampat | Sorong | Sorong Selatan | Ternate | Aceh | Bali | Bangka Belitung | Banten | Jawa Barat | Jawa Tengah | Jawa Timur | Kalimantan Barat | Kalimantan Selatan | Kalimantan Tengah | Kalimantan Timur | Kalimantan Utara | Kepulauan Riau | Lampung | Maluku Utara | Maluku | Nusa Tenggara Barat | Nusa Tenggara Timur | Papua Barat | Papua | Riau | Sulawesi Selatan | Sulawesi Tengah | Sulawesi Tenggara | Sulawesi Utara | Sumatera Barat | Sumatera Selatan | Sumatera Utara | Pangkalpinang | Jakarta Barat | Jakarta Pusat | Jakarta Selatan | Jakarta Timur | Jakarta Utara | Cimahi | Banjar | Tanjungpinang | Tidore Kepulauan | Makassar | Parepare | Manado | Padangpanjang | Lubuklinggau | Pematangsiantar | Tebingtinggi | Tanjungbalai |

De Nature Indonesia - Green de Nature