Cara Tepat Mengatasi Benjolan yang Keluar pada Anus - Green de Nature - Green de Nature

Home Gatal/Eksim Wasir/Ambeien Kutil/Mata Ikan Sipilis/Gonore Tumor/Kanker Herpes Obat Herbal Info Kesehatan
SEMUA PENYAKIT ADA OBATNYA
 
deNature Indonesia - Pusat Penjualan Obat Herbal Terbesar di Indonesia
Melayani pengiriman ke seluruh Indonesia & luar negeri
 
Pemesanan obat hubungi
082266660226 (Call/SMS)
087719707073 (WhatsApp)
D3N47UR3 (PIN BBM)
   

Cara Tepat Mengatasi Benjolan yang Keluar pada Anus

Cara Tepat Mengatasi Benjolan yang Keluar pada Anus

Cara Tepat Mengatasi Benjolan yang Keluar pada Anus – Ketika buang air besar teraba ada benjolan di anus atau lubang dubur pasti yang belum mengetahui akan bertanya-tanya, benjolan di anus ini apa dan apakah berbahaya. Kebutalan pada pembahasan kali ini akan membahas bagaimana cara menghilangkan benjolan di anus dengan cepat secara alami dan juga akan di bahas apa benjolan di anus tersebut.

Sebenarnya benjolan di anus termasuk salah satu keluhan yang cukup sering dialami terutama oleh orang dewasa baik pada pria ataupun wanita. Benjolan di anus itu sering muncul ketika jarang buang air besar atau ketika sedang kesulitan buang air besar. Kadang juga benjolan itu hilang dengan sendirinya ketika buang air besar dalam beberapa waktu tidak ada masalah atau lancar.

Dari berbagai kasus yang terjadi umumnya benjolan di anus atau benjolan di bibir lubang dubur adalah gangguan pada pembuluh darah yang terdapat pada anus yang disebut dengan wasir atau ambeien atau dalam dunis medis disebut dengan hemoroid.

Cara Tepat Mengatasi Benjolan yang Keluar pada AnusWasir atau hemoroid adalah pembengkakan yang berisi pembuluh darah yang membesar. Pembuluh darah yang terkena wasir berada di dalam atau di sekitar bokong, yaitu di dalam rektum atau di dalam anus. Kebanyakan hemoroid adalah penyakit ringan dan bahkan tidak menimbulkan gejala.

Gejala yang muncul akibat wasir atau hemoroid pada umumnya ringan. Gejalanya bisa menghilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Beberapa orang bahkan tidak menyadari mereka menderita hemoroid karena mereka tidak mengalami gejala sama sekali.

Gejala yang sering kali muncul adalah:

  • Pendarahan setelah buang air besar tanpa rasa nyeri. Warna darah akan merah terang.
  • Benjolan tergantung di luar anus yang terasa nyeri dan sensitif. Benjolan ini biasanya didorong kembali ke dalam setelah buang air besar.
  • Kotoran keluar dengan sendirinya melalui anus.
  • Mengalami gatal-gatal atau iritasi, sakit, merah dan bengkak di sekitar anus.
  • Keluarnya mukosa atau lendir setelah buang air besar.

Penyebab ambeien ternyata lebih dari sekedar kurang serat saja. Masih banyak faktor lain yang dapat memicu munculnya penyakit yang memiliki nama lain wasir ini. Apa sajakah penyebab ambeien yang dimaksud? Simak artikel berikut agar Anda tahu dari sekarang dan bisa langsung melakukan pencegahan.

 

Jangan Anggap Sepele Penyebab Ambeien Berikut!

Meski tak sampai membahayakan nyawa penderitanya, namun kita tahu bahwa wasir bukanlah penyakit yang boleh dianggap sepele. Dan untuk menghindarinya, maka kita perlu tahu apa saja kira-kira hal yang menjadi penyebab ambeien. Berikut 11 penyebab ambeien yang harus kita waspadai:

1. Kurang serat

Makanan berserat membantu mengikat air ke dalam usus besar sehingga proses BAB bisa terjadi dengan lancar. Namun ketika tubuh kurang serat, maka seseorang akan mengalami konstipasi sehingga harus mengejan lebih keras saat BAB. Tekanan yang timbul saat mengejan (ngeden) inilah yang biasanya melemahkan pembuluh darah di sekitar dubur sehingga resiko terkena wasir jadi meningkat.

Penyebab ambeien yang satu ini sangat mudah kita antisipasi, yaitu dengan mengonsumsi banyak sayuran dan buah-buah. Lagi-lagi kembali kepada pribadi masing-masing, mau melakukannya atau tidak.

2. Obesitas

Ada beberapa alasan mengapa mereka yang obesitas memiliki kemungkinan menderita wasir lebih besar. Pertama, karena berat badan berlebih memberikan tekanan lebih besar pada area pinggul dan rektum, sehingga melemahkan pembuluh darah dan otot di area tersebut. Alasan lainnya adalah karena mereka yang memiliki berat badan berlebih biasanya juga kurang serat dan jarang olahraga, sehingga lebih sering mengalami konstipasi.

3. Kehamilan

Resiko seorang wanita terkena wasir biasanya cenderung meningkat ketika ia sedang hamil. Penyebabnya sama seperti faktor obesitas di atas, yakni berat berlebih dari janin dalam kandungan menekan area pinggul dan sekitarnya. Kondisi ini akan menghambat aliran balik pembuluh darah ke jantung, sehingga banyak darah terbendung di daerah anus dan rektum, pembuluh darah melebar lalu timbullah wasir.

Selain saat hamil, tak sedikit juga perempuan yang justru menderita wasir usai melahirkan karena besarnya tekanan yang terjadi pada otot dan pembuluh darah di area sekitar jalan lahir.

4. Diare dan konstipasi

Tekanan terus menerus pada lubang dubur dapat membuat lemah pembuluh darah sekitarnya. Uniknya, hal ini tak hanya dikarenakan kurang serat saja. Beberapa studi bahkan mendapati dari antara orang-orang yang sering terkena ambeien, ada yang memiliki lubang dubur berukuran kecil. Otomatis orang-orang tersebut butuh usaha ekstra untuk mengejan saat BAB.

Sulit buang air besar atau konstipasi menjadi penyebab ambeien karena feses harus dikeluarkan dengan mengejan kuat. Hal ini berdampak buruk terhadap pembuluh darah di sekitar anus, pembuluh darah menjadi melebar dan mudah rapuh akibat tekanan kuat.

5. Usia

Seiring bertambahnya umur, biasanya jaringan otot dan pembuluh darah di area dubur juga melemah sehingga resiko wasir jadi meningkat.

6. Cedera sumsum tulang belakang

Jika seseorang pernah mengalami kecelakaan yang kemudian mencederai sumsum tulang belakangnya, maka kondisi tersebut juga bisa merusak saraf di rektum. Salah satu akibatnya adalah tubuh tak bisa mendeteksi, apakah usus besar sudah ‘penuh’ atau belum. Tanpa sadar, ia malah jadi lebih sering menahan BAB, dan tekanan saat menahan inilah yang kemudian memicu ambeien.

7. Dampak setelah operasi dubur

Tergantung dari bagaimana proses operasinya, rektum juga bisa rusak karenanya, sehingga sulit bagi seseorang untuk merasakan yang namanya kebelet atau panggilan alam (BAB).

8. Kanker kolon

Salah satu gejala kanker usus besar yaitu pendarahan seringkali disalahartikan sebagai wasir. Namun, tak seperti wasir, kanker usus besar umumnya juga menimbulkan gejala lain seperti adanya rasa sakit pada perut bagian bawah, hingga turunnya berat badan secara drastis. Kalau Anda menderita beberapa gejala tersebut, segera periksakan diri ke dokter. Siapa tahu penyebab ambeien selama ini adalah karena kanker kolon.

9. IBS

Gangguan pencernaan semacamIBS (irritable bowel syndrome) biasanya membuat penderitanya mengalami konstipasi dan diare yang terlalu sering. Selain mengalami ambeien, seseorang yang mengidap penyakit pencernaan ini juga akan merasakan sakit, kram, hingga kembung pada bagian perutnya.

10. Penyakit Crohn (radang usus)

Umumnya penyakit Crohn muncul karena gangguan autoimun sehingga sistem kekebalan tubuh menyerah jaringan di saluran gastrointestinal. Sama seperti IBS, penyakit ini juga membuat penderitanya mengalami wasir, diare, perut kembung, dan sakit perut.

11. Ulcerative Colitis

Satu lagi jenis radang usus yang menjadi penyebab ambeien yaitu Ulcerative Colitis. Penyakit ini biasanya memiliki gejala mirip IBS dan Crohn, namun sedikit lebih parah karena umumnya diare yang timbul juga disertai keluarnya darah.

Cara Mengatasi Benjolan yang Keluar pada Anus

Wasir atau hemoroid sering kali menghilang dengan sendirinya dalam beberapa hari, tapi ada banyak pengobatan untuk mengurangi gatal-gatal dan rasa tidak nyaman yang muncul. Kadang-kadang diperlukan perawatan yang lebih invasif. Perawatan ini tergantung kepada letak hemoroid. Apakah hemoroid berada di atas, di bawah, atau pada dentate line (garis dentate). Garis dentate adalah garis batas pada dinding kanal anus yang memisahkan area yang mampu merasakan rasa sakit dari area yang tidak mampu merasakan.

Penanganan tanpa operasi pada hemoroid akan sangat menyakitkan jika hemoroid tumbuh pada atau di bawah garis dentate. Karena saraf pada area itu bisa mendeteksi rasa sakit. Jika hal ini terjadi, operasi hemoroid akan disarankan untuk dilakukan. Anda perlu melakukan penanganan menggunakan obat ambeien yang dijual di apotik.

Obat Ambeien tersedia di apotik yang disarankan sebagai berikut:

Obat oles yang bisa dibeli secara bebas
Berbagai macam krim, salep, dan obat suppositoria tersedia di toko obat tanpa memerlukan resep dokter. Suppositoria adalah jenis obat-obatan yang dimasukkan langsung ke dalam anus. Obat-obatan sejenis ini bisa dipakai untuk meredakan pembengkakan atau ketidaknyamanan yang dirasakan pasien.

Pemakaian krim kortikosteroid
Jika Anda mengalami peradangan atau inflamasi di dalam atau pun di sekitar anus, dokter akan menyarankan penggunaan krim kortikosteroid. Jangan gunakan krim ini lebih dari tujuh hari berturut-turut. Krim ini bisa membuat kulit di sekitar anus menipis dan memperburuk iritasi.

Obat pereda rasa sakit
Paracetamol sebagai salah satu obat pereda rasa sakit, bisa membantu meredakan rasa sakit akibat hemoroid. Hindari obat pereda rasa sakit sejenis kodein. Obat ini bisa menyebabkan dan memperburuk konstipasi.

Penggunaan laksatif atau obat pencahar
Jika Anda mengalami konstipasi, dokter akan memberikan resep laksatif atau pencahar. Jenis pengobatan ini akan membantu memperlancar proses buang air besar.

Pengikatan hemoroid
Pengikatan ini melibatkan tali yang elastis diikatkan dengan kuat pada dasar dari hemoroid untuk memotong aliran darah. Tanpa aliran darah, hemoroid akan terlepas setelah seminggu menjalani perawatan ini.

Suntikan skleroterapi
Penanganan dengan sebutan skleroterapi mungkin digunakan sebagai pengganti pengikatan wasir. Pada proses skleroterapi, larutan kimia disuntikkan ke dalam pembuluh darah pada anus. Suntikan ini akan menghilangkan rasa sakit dengan membuat ujung saraf menjadi mati rasa (kebas) pada lokasi penyuntikan. Suntikan ini juga membuat jaringan hemoroid mengeras dan akhirnya terbentuk sebuah luka. Setelah sekitar satu setengah bulan, ukuran hemoroid akan mengecil atau menyusut.

Koagulasi dengan inframerah
Koagulasi dengan inframerah terkadang juga dipakai untuk menangani hemoroid. Pada prosesnya, sebuah alat yang memancarkan sinar inframerah dipakai untuk membakar jaringan hemoroid. Langkah ini juga berfungsi untuk memotong aliran darah. Selain inframerah, prosedur yang sama juga bisa dilakukan memakai arus listrik. Metode ini lebih dikenal dengan nama diatermi atau elektroterapi untuk wasir.

Ambeien selain bisa diobati dengan menggunakan pengobatan medis, juga bisa diobati dengan menggunakan obat tradisional, semua tergantung dengan pilihan penderita. Tapi yang harus Anda ketahui, pengobatan menggunakan obat tradisional lebih bagus dibanding menggunakan obat-obatan yang mengandung bahan kimia. Karena tidak memiliki efek samping yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Nah berikut ini akan kami jelaskan mengenai Cara Tepat Mengatasi Benjolan yang Keluar pada Anus yang mungkin dapat Anda gunakan untuk mengatasi penyakit ambeien Anda.

 

Cara Tradisional Mengobati Benjolan yang Keluar pada Anus

  • Daun Duduk

Daun Desmodium triquetrum berkhasiat sebagai obat wasir, obat rematik dan peluruh air seni. Untuk obat wasir dipakai ± 20 gram daun duduk segar. Daun duduk dicuci dan direbus dengan 1 gelas air selama 15 menit dan disaring. Hasil saringan diminum sekaligus.

Kandungan kimia daun duduk
Daun, buah dan akar Desmodium triquetrum mengandung saponin dan flavonoida. Di samping itu daunnya mengandung polifenol serta akarnya juga mengandung tanin.

  • Paveta

Daun Pavetta indica berkhasiat sebagai obat wasir dan kayu Paveta untuk obat rematik. Untuk obat wasir dipakai +- 8 gram daun segar Pavetta indica, dicuci, direbus dengan 3 gelas air selama 25 menit, setelah dingin disaring. Hasil saringan diminum dua kali sama banyak pagi dan sore.

Kandungan kimia Paveta
Daun, batang dan akar Pavetta indica mengandung saponin dan flavonoida, selain itu daunnya juga mengandung polifenol.

  • Cocor Bebek

Daun cocor bebek (Kalanchoe pinnata) berkhasiat sebagai obat wasir, obat pusing, obat penurun panas, obat batuk dan peluruh air seni. Untuk obat wasir dipakai ± 25 gram daun segar Kalanchoe pinnata, direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengahnya. Air rebusan cocor bebek didinginkan lalu disaring. Hasil saringan diminum sekaligus.

Kandungan kimia daun cocor bebek
Daun cocor bebek mengandung saponin, flavonoida dan tanin.

  • Daun Iler

Daun Iler (Coleus atropurpureus) berkhasiat sebagai obat wasir alami, juga obat bisul, obat demam nifas, obat radang telinga dan obat haid tidak teratur. Untuk obat wasir dipakai ± 25 gram daun iler segar, direbus dengan 2 gelas air selama 15 menit, didinginkan dan disaring. Hasil saringan ditambah ± 5 gram gula merah, diaduk sampai rata dan diminum sekaligus.

Kandungan kimia Daun Iler
Daun dan akar daun iler / jawer kotok (Coleus atropurpureus) mengandung saponin, flavonoida dan polifenol, di samping minyak atsiri.

Ribet ya cara membuatanya?

Selanjutnya….

LAYANAN KONSULTASI DAN PEMESANAN
082266660226 (Call/SMS)
087719707073 (WhatsApp)

 

================o0o================
 

Artikel lain tentang tanaman herbal sebagai Cara Tepat Mengatasi Benjolan yang Keluar pada Anus

Cara Tepat Mengatasi Benjolan yang Keluar pada Anus dengan Daun Ungu

Cara Tepat Mengatasi Benjolan yang Keluar pada Anus

Daun Ungu termasuk tumbuhan perdu yang memiliki tiga jenis varietas yaitu daun berwarna ungu, hijau dan belang-belang putih. Varietas yang sering digunakan untuk wasir adalah yang berdaun ungu dengan nama latin Graptophyllum pictum yang memiliki sinonim nama Graptophyllum hortense Nees.

Tumbuhan ini memiliki nama daerah sebagai berikut : Pudin (Simalur, Sumatera), Daun ungu (Jawa Tengah), Handeleum (Sunda), Karaton (Madura), Temen (Bali), Kadi-kadi atau Kobi-kobi (Ternate), dan Dongo-dongo (Tidore).

Potensi Tanaman Daun Ungu

Daun ungu biasa digunakan sebagai tanaman hias, dan secara turun-temurun bagian daunnya telah digunakan untuk meringankan gejala wasir. Secara umum kandungan daun ungu antara lain alkaloid, pektin, asam formiat, glikosida, steroid, saponin, tanin.

Penggunaan Empiris

Wasir atau hemorrhoid merupakan penyakit yang ditandai dengan adanya pembengkakan atau pembesaran pembuluh vena di bagian terbawah poros usus, baik di sisi dalam maupun di sisi luar anus. Penyakit ini ditandai dengan munculnya benjolan seperti bisul berwarna merah kebiru-biruan atau kehitaman. Ada dua tipe wasir yang lazim dikenal, wasir dalam (internal hemorrhoid) dan wasir luar (external hemorrhoid).

Kurang mengkonsumsi serat dapat mengakibatkan susah buang air besar (konstipasi), hingga penderita kerap mengejan. Pola defekasi yang tidak teratur pun serta jarangnya olahraga menjadi faktor pemicu timbulnya wasir.

Zat aktif di dalam daun ungu yang dapat mengurangi bengkak adalah kandungan senyawa flavonoid yang diduga bekerja dengan mekanisme melalui efek penghambatan pembentukan prostaglandin pada jalur metabolisme asam arakhidonat.

 

Penyakit ambeien atau wasir anda belum kunjung sembuh?
Masih berusaha mencari obat yang ampuh dan manjur untuk mengobati wasir?

Cara Tepat Mengatasi Benjolan yang Keluar pada Anus
Ambejoss + Salep Salwa de Nature Indonesia
Ampuh Sembuhkan Ambeien dengan Cepat dan Aman Tanpa Efek Samping

 

Cara Tepat Mengatasi Benjolan yang Keluar pada Anus

Cara Tepat Mengatasi Benjolan yang Keluar pada AnusDe Nature Indonesia adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang Obat Tradisional (OT) dari dalam negeri. Kami mencoba mengangkat dan menghidupkan kembali Budaya Nenek Moyang kita yaitu Jamu Tradisional sebagai salah satu warisan leluhur budaya bangsa yang perlu dilestarikan.

Salah satu produk De Nature Indonesia adalah Ambejoss yang terbuat dari ekstrak daun ungu, mahkota dewa, kunyit putih yang bisa membantu meringankan Gejala Wasir serta menjaga stamina maupun kesehatan penderita wasir.

Sekedar informasi untuk kenyamanan konsumen, bahwa produk dar